Not seeing a Scroll to Top Button? Go to our FAQ page for more info.
Home » » Penjelasan dan Cara Instalasi VMWare

Penjelasan dan Cara Instalasi VMWare



Kali ini blog serbaserbi akan memberikan Info tentang VMWare dan cara Instalasinya. Tapi sebelum itu, apakah yang dimaksud VMWare?

VMWare adalah salah satu Software Mesin virtual. VMWare biasa digunakan untuk menjalankan berbagai macam system operasi (doubleboot) dalam satu mesin. Karena sifatnya yang virtual, maka pekerjaan apapun yang dilakukan dalam VMWare tidak akan mempengaruhi system aslinya (system komputer). Nahh kali ini blog serbaserbi akan memberitahukan cara penginstalan VMWare Workstation.

 (tampilan Home VMWare)


VMWare memiliki 3 jenis, yaitu :
1.  VMWare Workstation
Jenis VMWare ini kompatibel dengan komputer intel x86. VMWare Workstation mampu membuat beberapa virtual mesin sendiri dan menjalankannya secara bersamaan. VMWare Workstation tidak bisa digunakan untuk menjalankan virtual mesin yang dibuat oleh produk VMWare yang lainnya.
2. VMWare Server
VMWare Server memiliki system kerja yang sama dengan VMWare Workstation. Kelebihan dari VMWare Server yaitu kemampuannya untuk menjalankan virtual mesin yang dibuat oleh Microsoft Virtual PC.
3.  VMWare Player
Jenis VMWare ini digunakan untuk menjalankan virtual mesin yang dibuat oleh produk VMWare lainnya. Tapi jenis VMWare ini tidak bisa digunakan untuk membuat virtual mesin sendiri.


Manfaat VMWare


  • Untuk keperluan uji program (Trial and Error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih system operasi (dual boot) atau berpindah komputer.
  • Dapat mengembangkan peranti lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari system operasi yang berjalan bersamaan. 
  • Dapat menambahkan intensitas penggunaan komputer tanpa harus membeli atau menambah komputer.
  • Bermigrasi dengan mudah dari satu system operasi ke system operasi lain tanpa harus takut kehilangan data karena salah partisi.
  • Dapat membuat jaringan antar PC dengan mesin virtual walaupun PC tidak terpasang network card maupun hub atau switch. VMWare akan secara otomatis menyediakannya.
  • VMWare memberikan fleksibilitas penggunaan system operasi secara bersamaan, sehingga bisa mempelajari system operasi yang berbeda tanpa harus kehilangan banyak waktu. 


Alat dan Bahan yang diperlukan untuk meng-Install VMWare
1. PC/Laptop
2.  Software Installation VMWare Workstations versi 7.

Langkah Kerja

1. Persiapkan Software Installation VMWare Workstation versi 7.
2. Hidupkan PC/Laptop
3.  Buka Software Installation VMWare Workstation versi 7 sehingga muncul tampilan selamat datang seperti gambar berikut ini. Pilih “Next” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.


4. Setelah itu Anda akan masuk ke tahapan selanjutnya, seperti yang tertera pada gambar dibawah ini.
Pilihan “Typical” digunakan untuk menginstall semua fitur yang ada pada VMWare. Sedangkan pilihan “Custom” digunakan untuk menginstal beberapa fitur saja yang ada pada VMWare. Silahkan Anda pilih sendiri, tapi Saya sarankan untuk memilih “Typical”. Jika sudah memilih, Klik “Next” untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya.
5. Tahap selanjutnya yaitu menentukan tempat penyimpanan VMWare setelah di Install.

Secara Default, program akan disimpan ke dalam direktori C:/Program Diles. Pilih “Next” untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.

6.  Tahap selanjutnya yaitu pengecekan Products Update. Secara Default, akan ada tanda centang pada kotak “Check for updates on startup”. Kemudian pilih “Next".
7.  Tahap selanjutnya adalah untuk meningkatkan atau upgrade VMWare. Secara Default, akan ada tanda centang pada kotak “Help Improve VMWare Workstation”. Klik “Next”.
8.  Tahap selanjutnya yaitu penentuan Shortcut dari aplikasi VMMWare.
Beri tanda centang pada kotak “Desktop” jika Anda ingin menampilkan Shortcut di Desktop. Beri tanda centang pada kotak “Start Menu Program Folder” Jika Anda ingin menampilkan Shortcut di start menu. Beri tanda centang pada kotak “Quick Launch Toolbar” jika Anda ingin menampilkan Shorcut di Quick Launch Toolbar. Klik “Next” untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.
9.  Selanjutnya yaitu mulai menginstall Aplikasi. Pilih Continue untuk mulai melakukan penginstalan.
 10. Selanjutnya tinggal menunggu proses instalasi selesai dengan sendirinya.
Proses instalasi lumayan memakan waktu. Bersabarlah hingga instalasi selesai .

11. Setelah selesai, akan muncul pemberitahuan “Setup Wizard Complete”.

Kemudian pilih “Restart Later” untuk me-Restart PC setelah beberapa waktu. Atau pilih “Restart Now” untuk me-Restart PC saat itu juga.

12.  Proses Instalasi VMWare Workstation versi 7 telah selesai.



Itulah sedikit tentang VMWare dan cara penginstalannya dari kami. Semoga Bermanfaat.






1 komentar:

Most Popular

Flickr Images